EnglishIndonesian

Persetujuan Sewa

UMUM

1. Penyewa diharuskan memberikan data yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum serta berkewajiban mematuhi segala regulasi dan ketentuan yang berlaku di Camera 4 Lease. Pihak Camera 4 Lease berhak mempergunakan data Penyewa untuk kebutuhan pihak Camera 4 Lease.    

2. Apabila Penyewa dinyatakan tidak memenuhi syarat sewa, maka pihak Camera 4 Lease berhak menolak atau membatalkan perjanjian sewa. Keputusan pihak Camera 4 Lease bersifat absolut dan tidak dapat diganggu gugat.

3. Kondisi seluruh alat yang disewa oleh Penyewa menjadi tanggung jawab Penyewa selama berada dalam masa sewa sampai alat dikembalikan dan dinyatakan tidak ada kerusakan oleh pihak Camera 4 Lease. Alat WAJIB dikembalikan dalam kondisi baik secara fisik dan fungsional seperti saat pengambilan.

4. Pembayaran dilakukan 100% (seratus persen) diawal peminjaman, perpanjangan sewa, atau transaksi sewa lainnya.

5. Apabila pengambilan atau pengembalian dilakukan oleh pihak ketiga, maka kondisi alat tetap menjadi tanggung jawab penuh pihak Penyewa.

KEHILANGAN DAN KERUSAKAN ALAT

6. Kerusakan dan/atau kehilangan yang terjadi pada alat serta perlengkapannya selama masa sewa menjadi tanggung jawab penuh Penyewa. Penyewa WAJIB mengganti alat atau aksesoris yang rusak atau hilang dengan alat atau aksesoris sejenis yang sesuai dengan standar kelayakan Camera 4 Lease atau ganti rugi dengan besaran nominal mengacu pada harga pasar terkini. Pengembalian atau pembayaran ganti rugi dilakukan selambat-lambatnya 1×24 jam sejak waktu pengembalian alat yang seharusnya.

7. Penyewa DILARANG menggadaikan, menjual, menyewakan kembali, memindahtangankan alat milik Camera 4 Lease secara disengaja maupun tidak kepada pihak ketiga. Apabila hal tersebut terjadi maka penggantian serta ganti rugi sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihak Penyewa.

8. Apabila Penyewa dengan sengaja maupun tidak sengaja melakukan modifikasi atau pengubahan system software terhadap alat milik Camera 4 Lease tanpa sepengetahuan dan persetujuan pihak Camera 4 Lease, maka Penyewa WAJIB mengembalikan kondisi alat seperti semula atau melakukan ganti rugi atas kerusakan atau ketidak normalan fungsi yang terjadi.

9. Apabila Penyewa dengan sengaja maupun tidak sengaja merusak dan/atau melepaskan identitas Camera 4 Lease seperti barcode, stiker logo, atau hal terkait lain, maka Penyewa WAJIB membayar denda sebesar Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah) untuk masing-masing identitas.

ADMINISTRASI DOKUMEN

10. Penyewa WAJIB memberikan jaminan berupa identitas resmi dari negara (KTP, SIM, Passport) yang masih berlaku sebagai jaminan kepada pihak Camera 4 Lease selama masa sewa. Jaminan kartu identitas akan dikembalikan pada saat pengembalian alat jika alat yang disewa telah dinyatakan tidak ada kerusakan.

MASA SEWA ALAT

11. Perhitungan durasi masa peminjaman dan pengembalian alat di Camera4Lease adalah per-24 (dua puluh empat) jam.

12. Apabila pengambilan dilakukan lebih awal dari kesepakatan waktu, maka penghitungan waktu sewa dimulai dari pengambilan. Namun apabila pengambilan dilakukan lebih lambat dari kesepakatan waktu, maka penghitungan waktu sewa tetap dimulai sesuai waktu yang disepakati.

PERUBAHAN MASA SEWA ALAT DAN KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN ALAT

13. Perpanjangan sewa alat wajib melalui persetujuan pihak Camera 4 Lease terlebih dahulu. Pihak Camera 4 Lease berhak untuk tidak memberikan persetujuan perpanjangan sewa apabila alat tersebut sudah berada dalam daftar pesanan pihak lain pada jam atau hari berikutnya. Apabila Penyewa tidak dapat mengembalikan alat tepat waktu dengan alasan apapun yang mengakibatkan pihak Camera 4 Lease harus menyewakan alat yang berbeda kepada Penyewa selanjutnya dengan harga yang lebih tinggi, maka Penyewa wajib membayarkan ganti rugi sesuai selisih harga alat yang disewakan kepada Penyewa selanjutnya.

14. Apabila terjadi pembatalan atau perubahan kesepakatan sewa alat dalam kurun waktu kurang dari 1×24 jam sebelum jadwal pengambilan yang telah disepakati, maka Penyewa WAJIB membayar biaya pembatalan (cancelation fee) sebesar 50% dari harga sewa masing-masing alat yang dipesan. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 1×24 jam terhitung dari waktu pembatalan atau perubahan kesepakatan sewa.

15. Apabila Penyewa tidak memberikan konfirmasi 3 jam setelah jadwal pengambilan, maka pihak Camera 4 Lease berhak melakukan pembatalan sewa secara satu pihak dan menyewakan alat yang dimaksud kepada Penyewa lain. Penyewa WAJIB membayar biaya pembatalan sewa seperti diatur dalam pasal nomor 14.

16. Pihak Camera 4 Lease tidak berkewajiban untuk melakukan pengembalian uang sewa jika terjadi pembatalan sewa yang dilakukan oleh Penyewa setelah masa sewa berjalan selama lebih dari 1 jam dengan alasan apapun.

17. Apabila Penyewa terlambat melakukan pengembalian maka Penyewa WAJIB melakukan pembayaran perpanjangan sewa (overtime fee) dengan rincian sebagai berikut.

*. Keterlambatan 3 (tiga) – 6 (enam) jam                   : Dikenakan biaya 25% (dua puluh lima persen) dari total harga sewa per hari

*. Keterlambatan 6 (enam) – 12 (dua belas) jam      : Dikenakan biaya 50% (lima puluh persen) dari total harga sewa per hari

*. Keterlambatan lebih dari 12 (dua belas) jam        : Dikenakan biaya 100% (seratus persen) (terhitung sewa 1 (satu) hari)